SMKN 1 PANDEGLANG - BANTEN

Jl. Raya Labuan Km. 05 Kadulisung,Kaduhejo, Pandeglang 42253

SMKN 1 Pandeglang - Ber-SATU

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN, TOLAK UKUR KEBERHASILAN PENDIDIKAN VOKASI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Sabtu, 09 Maret 2024 ~ Oleh Rusman Hendro Susanto ~ Dilihat 125 Kali

Pandeglang, 9 Maret 2024 - Uji kompetensi keahlian merupakan sebuah tonggak penting dalam upaya pengembangan keterampilan praktis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Melalui ujian ini, siswa tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam aspek-aspek teknis, tapi juga kesempatan untuk mengembangkan softskills seperti kerja sama tim, kreativitas, dan ketahanan dalam menghadapi masalah.

Program Keahlian Seni Pertunjukan SMKN 1 Pandeglang dengan bangga mengumumkan keberhasilan pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Tata Artistik Teater, yang berlangsung mulai dari 7 hingga 9 Maret 2024. Uji kompetensi ini menjadi sebuah milestone penting dalam pengembangan keterampilan praktis siswa di bidang seni pertunjukan, khususnya teater.

Para siswa diuji dalam berbagai aspek tata artistik teater, mulai dari penataan rias dan busana hingga penataan cahaya, menampilkan bakat dan kemampuan mereka dalam merancang dan menerapkan konsep artistik pada pertunjukan teater. Yopi Hendrawan selaku perwakilan penguji eksternal mengungkapkan bahwa “Melalui ujian ini, siswa dapat memperdalam pemahaman mereka tentang aspek penting dalam produksi teater, serta mengembangkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi yang efektif” ujarnya.

Kehadiran penguji eksternal, yang merupakan praktisi terkenal di bidang seni teater, juga menambah nilai dan pengalaman berharga bagi siswa. Mereka dapat menerima masukan langsung yang konstruktif untuk pengembangan keahlian mereka lebih lanjut, serta mendapatkan gambaran tentang standar industri yang aktual.

Kepala SMKN 1 Pandeglang, Dr. Muhamad Juwayni, M.Pd. dalam visitasinya, menyatakan rasa bangganya terhadap seluruh siswa yang telah menunjukkan dedikasi dan kreativitas tinggi selama proses uji kompetensi. “Ini adalah bukti nyata dari komitmen kita semua untuk tidak hanya memberikan pendidikan teoretis yang kuat tetapi juga keterampilan praktis yang memadai, mempersiapkan siswa tidak hanya untuk ujian, tapi juga untuk kehidupan profesional di masa depan. Semoga para siswa semua mendapatkan predikat kompeten atau sangat kompeten” ungkapnya.

“Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian ini tidak hanya menjadi tonggak penting dalam perjalanan akademis dan profesional siswa tetapi juga menandai langkah maju dalam kolaborasi antara institusi pendidikan dengan praktisi industri, mengarah pada sinergi yang lebih erat antara pendidikan vokasi dan kebutuhan industri kreatif” imbuhnya.

Tirta Nugraha Pratama selaku Kaprogli Seni Pertunjukan menegaskan bahwa Pelaksanaan uji kompetensi ini bukan hanya merupakan bukti komitmen Program Keahlian Seni Pertunjukan SMKN 1 Pandeglang dalam menyediakan Pendidikan berbasis industri. “ini adalah jalan bagi para siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi industri kreatif. Diharapkan, kegiatan ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang dengan model dan skema yang berganti-ganti untuk pengembangan pendidikan vokasi seni pertunjukan di Indonesia,” pungkasnya.

  1. TULISAN TERKAIT