SMKN 1 PANDEGLANG - BANTEN

Jl. Raya Labuan Km. 05 Kadulisung,Kaduhejo, Pandeglang 42253

SMKN 1 Pandeglang - Ber-SATU

PELAJAR SMKN 1 PANDEGLANG BERKUNJUNG KE DPRD SEBAGAI IMPLEMENTASI P5 KURIKULUM MERDEKA TEMA

Selasa, 06 September 2022 ~ Oleh Rusman Hendro Susanto ~ Dilihat 182 Kali

SERANG - Kegiatan Visit Parlemen dari SMKN 1 Pandeglang, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Banten, Selasa (06/09/22). Kedatangan siswa/siswi SMKN 1 Pandeglang ini diterima langsung oleh Ketua Komisi V DPRD Banten Dr. Yeremia Mendrofa didampingi oleh Wakil Ketua Komisi V H. Fitron Nur Ikhsan, dan anggota Komisi V dr. Hj. Shinta Wisnu Wardhani. Turut hadir pula Sekretaris DPRD Banten H. Deden Apriandhi, Kabag Aspirasi dan Humas Subhan Setia Budi, beserta jajarannya.

Untuk diketahui bahwa Visit Parlemen SMKN 1 Pandeglang ini merupakan bagian dari pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema “Suara Demokrasi”.

Dalam kesempatan ini turut menghadirkan Eka Satialaksmana selaku Komisioner KPUD Banten sebagai narasumber. Dalam paparannya, Eka menjelaskan terkait Pemilu serta peran penting pemilih pemula dalam Pemilu.

“Ikut serta dalam Pemilu merupakan hak semua warga negara, sebagian dari adik-adik yang nanti di tahun 2024 sudah berusia 17 Tahun pasti memiliki hak pilih dalam Pemilu 2024 mendatang, jadi amat sangat disayangkan jika hak pilih itu tidak dipergunakan sebagaimana mestinya,”.

Selain materi terkait Pemilu, diberikan juga materi mengenai tugas pokok dan fungsi DPRD dari Wakil Ketua Komisi V H. Fitron Nur Ikhsan. Ditemui seusai kegiatan dilaksanakan, Fitron mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini DPRD ia memberikan pengenalan kepada para peserta mengenai tugas pokok dan fungsi serta pelaksanaan kegiatan demokrasi di DPRD Banten.

“Mereka ingin melakukan diseminasi bagaimana pelaksanaan kegiatan demokrasi di DPRD Banten, jadi tadi siswa/siswi diberikan pengenalan kepada mereka mengenai tupoksi DPRD agar mereka mengenal dan bisa menjadikan ini sebagai inspirasi. Sehingga apa yang menjadi tujuan mereka bisa tercapai,”.

“Politik itu bidimensional, mereka harus tahu bahwa politik memiliki sisi baik dan buruk. Tapi sepanjang politik itu di isi oleh orang-orang baik maka politik akan memberikan resonansi yang baik, dan kami berharap kita bisa objektif dan kita bisa menjalankan politik di Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat,”.

Sementara itu, disampaikan oleh Kabag Aspirasi dan Humas Sekretariat DPRD Banten, Subhan Setia Budi, pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan politik untuk siswa/siswi yang digabungkan bersama dengan adanya sosialisasi dari KPUD Banten untuk para pemilih pemula. Serta untuk kedepannya, mereka bisa mengetahui apa yang menjadi hak mereka sebagai warga negara dalam Pemilu

  1. TULISAN TERKAIT